Program Biodiesel RI Berhasil Tekan Impor BBM, Angkanya Segini

Estimated read time 2 min read

Program Biodiesel RI Berhasil Tekan Impor BBM, Angkanya Segini – Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia( Aprobi) menyebut program Biodiesel yang sudah di gulirkan pemerintah semenjak 2006 silam sudah sukses membagikan akibat positif secara jangka panjang, semacam penghematan devisa hingga dengan melindungi harga sawit di hulu.

Head of Sustainability Division Aprobi Rapolo Hutabarat berkata, program Biodiesel sudah sukses kurangi nilai impor solar berbasis minyak bumi yang lumayan besar, ialah sampai US$ 11 miliyar ataupun setara Rp173 triliun( anggapan kurs Rp15. 751/ US$).

” Pengurangan impor sebesar US$ 11 miliyar itu lumayan besar nilainya. ” kata Rapolo dalam Workshop Jurnalis Industri Hilir Sawit di Bandung, Jawa Barat, Kamis( 1/ 2/ 2024).

Angka itu tiap tahunnya hadapi peningkatan yang signifikan, di mana pengurangan impor solar tahun 2018 sebesar US$ 1, 95 miliyar. Tahun 2019 sebesar US$ 3, 34 miliyar, tahun 2020 sebesar US$ 2, 7 miliyar, tahun 2021 sebesar US$ 4, 8 miliyar, serta tahun 2022 sebesar US$ 9 miliyar.

Baca Juga :

Kapan Saham Sawit Meledak, Ini Bocorannya Yuk Simak!

Program Biodiesel RI Berhasil Tekan Impor BBM, Angkanya Segini

Tidak hanya itu, Rapolo pula berkata, dengan hadirnya Biodiesel sudah menunjang industri hulu sawit. Dalam perihal ini sanggup melindungi harga sawit. Di mana, lanjutnya, nampak pengaruh yang signifikan dari program B20 buat Public Service Obligation( PSO). Serta non PSO terhadap harga Crude Palm Oil( CPO) pada September 2018, dengan harga cenderung naik hingga akhir 2019.

Di dini hingga dengan pertengahan tahun 2020, kata ia, memanglah terjalin penyusutan harga CPO. Tetapi, perihal itu di akibatkan sebab harga minyak dunia yang turun, dan imbas dari terdapatnya pandemi covid- 19.

” Dari B20, B30, hingga hari ini B35 itu harga sawit cenderung bertambah. Coba kita bayangkan jika tidak terdapat program ini, harga TBS( tandan buah fresh) nya dapat runtuh. Jika runtuh, yang ribut pula kita seluruh, mulai dari desa hingga ke kota,” ucapnya.

” Jadi secara rata- rata, dengan terdapatnya program Biodiesel ini, dari B20 hingga B35 itu menampilkan kenaikan harga TBS serta CPO,” tambah ia.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours