Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Se-Indonesia

Estimated read time 2 min read

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Se-Indonesia – Penerimaan Mahasiswa Baru( PMB) Akademi Besar Keagamaan Islam Negara( PTKIN) 2024 hendak mulai di laksanakan pada 22 Januari 2024. PMB PTKIN se- Indonesia ini di rilis secara serentak oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Jakarta, Jumat( 19/ 1/ 2024).

Ikut muncul dalam peluang tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali, Dirjen Pembelajaran Islam Meter. Ali Ramdhani, Pimpinan Forum Rektor PTKIN Masnun Thahir. Pimpinan Pelaksana PMB PTKIN Nyayu Khodijah, dan Staf Pakar serta Staf Spesial Menteri Agama.

Menag memohon jajaran PTKIN membuat cara- cara kreatif supaya menarik atensi pelajar buat mendaftar di kampusnya.” Aku memohon PTKIN supaya mempunyai cara- cara kreatif supaya bisa menarik atensi para pelajar buat mendaftar di mari. ” kata Gus Men, panggilan akrabnya.

Buat itu, Gus Men pula memohon PTKIN supaya bisa melaksanakan benchmarking kepada akademi besar lain yang lebih baik.” Kita jangan berpuas diri. Ini jadi pekerjaan rumah kita seluruh buat tingkatkan mutu PTKIN,” tandas Menag.

Dirjen Pembelajaran Islam Meter. Ali Ramdhani menuturkan, program PMB PTKIN tahun ini mengusung tema Start To Be Smart. Dia berharap, dalam penerapan PMB kali ini, segala PTKIN bisa bersinergi serta silih menunjang buat menjaring calon mahasiswa terbaik.

Baca Juga :

Ambil Air Tanah Wajib Izin Kementerian ESDM, Ini Penjelasannya

Pimpinan Pelaksana PMB PTKIN Nyanyu Khodijah menarangkan, ada 3 jalan PMB PTKIN, ialah: Pilih Prestasi Akademik Nasional( SPAN), Tes Masuk( UM), serta jalan mandiri.

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Se-Indonesia

” SPAN PTKIN ataupun Pilih Prestasi Akademik Nasional Akademi Besar Keagamaan Islam Negara ialah pilih masuk bersumber pada prestasi akademik dengan memakai nilai rapor serta prestasi yang lain,” papar Nyanyu yang di kala ini pula berprofesi selaku Rektor UIN Palembang.

Registrasi buat jalan SPAN PTKIN di buka mulai 22 Januari 2024 serta hasilnya hendak di umumkan pada 2 April 2024.” Data seputar SPAN PTKIN bisa di akses lewat https:// span. ptkin. ac. id/ page,” sambungnya.

Sedangkan, jalan UM PTKIN ataupun Tes Masuk Akademi Besar Keagamaan Islam Negara ialah pola pilih yang di laksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN serta 1 PTN dengan Program Riset keagamaan yang izin operasionalnya di terbitkan oleh Departemen Agama RI lewat tes tulis berbasis Sistem Pilih Elektronik( SSE).

UM PTKIN ini rencananya hendak di buka mulai 6 Mei 2024. Data terpaut UM PTKIN bisa di akses lewat halaman: https:// um. ptkin. ac. id/.

Sebaliknya jalan ketiga ialah jalan mandiri, di mana proses pilih di coba di tiap- tiap Akademi Besar Keagamaan Islam Negara. Data terpaut jalan mandiri ini, bisa di akses pada halaman formal tiap- tiap akademi besar.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours