BMKG Ingatkan Debu Vulkanik dari 5 Gunung Berapi Ini

Estimated read time 4 min read

BMKG Ingatkan Debu Vulkanik dari 5 Gunung Berapi Ini – Badan Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika( BMKG) menghasilkan peringatan dini kemampuan gelombang besar hingga 6 m di beberapa perairan Indonesia. Tidak hanya itu, buat sepekan ke depan, BMKG memperingatkan terdapat kemampuan hujan sedang- lebat mengecam wilayah- wilayah di Indonesia.

Bagi Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, perihal itu bersumber pada hasil analisis terbaru. Di sebutkan, hujan keseriusan rimbun serta kemampuan temperatur panas terik masih berpeluang terjalin di sebagian daerah Indonesia sepanjang periode Natal 2023- Tahun Baru 2024.

” Keadaan itu di picu oleh sebagian fenomena dinamika suasana. Ialah perputaran angin di Laut Tiongkok Selatan( LCS) yang masih membatasi aliran massa hawa basah dari Asia ke daerah Indonesia. Sehingga, kemampuan hujan rimbun masih terkonsentrasi di daerah Sumatra serta Kalimantan Barat,” katanya dalam penjelasan formal, Sabtu( 23/ 12/ 2023).

Tidak cuma itu, BMKG pula memperingatkan terdapatnya debu vulkanik alias volcanic ash.

Keadaan itu di prediksi terjalin di beberapa gunung berapi di Indonesia, ialah:

1. Gunung Marapi

Gunung Marapi terletak di Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Juga Bersumber pada pengamatan dari pos pemantauan Gunung Marapi bertepatan pada 22 Desember 2023 jam 12. 19 Wib, selanjutnya di laporkan abu vulkanik tidak teramati serta kode warna penerbangan Orange( berpotensi membahayakan penerbangan).

Bersumber pada kabar SIGMET yang di terbitkan BMKG, namun ruang hawa terdampak abu vulkanik menggapai ketinggian dekat 5500 m. Serta abu vulkanik bergerak ke arah Barat Energi dengan kecepatan 9 kilometer per jam.

setelah itu Lapangan terbang terdekat yang berpotensi terdampak merupakan Lapangan terbang Internasional Minangkabau, Lapangan terbang Padang Panjang, serta Lapangan terbang Tabing.

BMKG Ingatkan Debu Vulkanik dari 5 Gunung Berapi Ini

2. Gunung Semeru

Gunung Semeru terletak di Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Juga Bersumber pada pengamatan dari Pos Pemantauan Gunung Semeru bertepatan pada 23 Desember 2023 jam 07. 23 Wib, di laporkan terjalin erupsi dengan ketinggian abu vulkanik menggapai 14323 feet( 4476 m) serta kode warna penerbangan Orange( berpotensi membahayakan penerbangan). Abu vulkanik bergerak ke arah Barat Energi dengan warna putih sampai abu- abu serta keseriusan pekat.

Bersumber pada kabar SIGMET yang di terbitkan, ruang hawa terdampak abu vulkanik menggapai ketinggian dekat 4200 m, serta abu vulkanik bergerak ke arah Barat dengan kecepatan 19 kilometer per jam.

Lapangan terbang terdekat yang berpotensi terdampak merupakan Lapangan terbang Abdul Rachman Saleh, Malang.

3. Gunung Dukono

Gunung Dukono terletak di Popilo Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

Bersumber pada pengamatan dari Pos Pemantauan Gunung Dukono bertepatan pada 19 Desember 2023 jam 07. 08 Waktu indonesia timur(WIT), juga di laporkan terjalin erupsi dengan ketinggian abu vulkanik menggapai 10333 feet( 3229 m) serta kode warna penerbangan Orange( berpotensi membahayakan penerbangan). Abu vulkanik bergerak ke arah Timur dengan warna putih sampai abu- abu serta keseriusan pekat.

Bersumber pada kabar SIGMET yang di terbitkan, ruang hawa terdampak abu vulkanik menggapai ketinggian dekat 2438 m, serta abu vulkanik bergerak ke arah Barat Energi dengan kecepatan 19 kilometer per jam.

Lapangan terbang terdekat yang berpotensi terdampak tidak terdapat.

4. Gunung Ibu

Gunung Bunda terletak di Kecamatan Bunda, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Bersumber pada pengamatan dari pos pemantauan Gunung Bunda bertepatan pada 17 Desember 2023 jam 19. 02 Waktu indonesia timur(WIT), di laporkan terjalin erupsi dengan ketinggian abu vulkanik menggapai 7440 feet( 2325 m) serta kode warna penerbangan Orange( berpotensi membahayakan penerbangan). Abu vulkanik bergerak ke arah Tenggara dengan warna abu- abu serta keseriusan pekat.

Bersumber pada kabar SIGMET yang di terbitkan, ruang hawa terdampak abu vulkanik menggapai ketinggian dekat 3048 m, serta abu vulkanik bergerak ke arah Selatan dengan kecepatan 9 kilometer per jam.

Lapangan terbang terdekat yang berpotensi terdampak tidak terdapat.

5. Gunung Lewotobi

Gunung Lewotobi terletak di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur( NTT).

Bersumber pada pengamatan dari pos pemantauan Gunung Lewotobi bertepatan pada 23 Desember 2023 jam 07. 14 Waktu indonesia timur(WIT), di laporkan terjalin erupsi dengan ketinggian abu vulkanik menggapai 9869 feet( 3084 m) serta kode warna penerbangan Orange( berpotensi membahayakan penerbangan). Abu Vulkanik bergerak ke arah Utara dengan warna abu- abu serta keseriusan pekat.

Bersumber pada kabar SIGMET yang di terbitkan, ruang hawa terdampak abu vulkanik menggapai ketinggian dekat 3352 m, serta abu vulkanik bergerak ke arah Barat dengan kecepatan 19 kilometer per jam.

Lapangan terbang terdekat yang berpotensi terdampak tidak terdapat.

” BMKG menhimbau kepada warga buat senantiasa waspada terhadap mungkin kemampuan cuaca ekstrem sepanjang periode Natal 2023 serta Tahun Baru 2024. Akses data cuaca serta peringatan dini cuaca lebih lengkap bisa di akses di apps@InfoBMKG serta web https:// bmkg. go. id,” pungkas Guswanto.

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours