Jokowi Minta Penerapan IKD Dipercepat

Estimated read time 2 min read

Jokowi Minta Penerapan IKD Di percepat – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi( PANRB). Abdullah Azwar Anas berjumpa Presiden RI Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa( 12/ 12/ 2023).

Dalam pertemuan ini, Presiden nyatanya berikan sebagian arahan semacam Bukti diri Kependudukan Digital( IKD) yang saat ini di kerjakan oleh Departemen Dalam Negara.

” IKD ini ke depan bisa lebih di percepat pelaksanaannya. Dengan demikian nantinya warga Indonesia tidak wajib memegang KTP semacam saat ini yang di cetak. Tetapi lumayan dengan IKD,” papar Anas, dalam statment resminya, di lansir Kamis( 14/ 12/ 2023).

Baca Juga :

Jokowi Pesan Ke BPKH Terkait Kasus Asuransi Jiwasraya

IKD ataupun Digital ID merupakan KTP- el berupa digital yang berisi data elektronik yang di gunakan buat merepresentasikan Dokumen Kependudukan serta informasi balikan dalam aplikasi digital lewat gawai( smartphone) yang menunjukkan Informasi Individu selaku bukti diri yang bersangkutan.

Ada pula, Kemendagri menegaskan IKD ini tidak dan merta mengambil alih KTP elektronik ataupun KTP- el. Nantinya, keberadaan KTP serta IKD silih memenuhi.

Jokowi Minta Penerapan IKD Dipercepat

” Penatapan IKD tidak dan merta mengambil alih KTP- el. Keduanya silih memenuhi serta senantiasa berlaku mengingat sebagian keadaan semacam penduduk yang tidak mempunyai smartphone, tidak terbiasa memakai smartphone,” kata Dirjen Kependudukan serta Catatan Sipil( Dukcapil), Teguh Setyabudi, di lansir dari Detikcom, Kamis( 13/ 12/ 2023).

Dengan demikian, ia membenarkan aktivasi IKD tidaklah bertabiat harus. Tetapi, pemerintah mengimbau supaya aktivasi itu di coba.

” Dengan demikian buat di kala ini tidak di haruskan namun kita himbau buat aktivasi IKD,” tegas Teguh.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours