Jakarta Jadi Kota Global, Seperti New York

Estimated read time 2 min read

Jakarta Jadi Kota Global, Seperti New York – Rancangan Undang- Undang( RUU) Wilayah Spesial Jakarta hendak menanggalkan status bunda kota dari wilayah ini. Selaku gantinya, DPR menyematkan Jakarta selaku pusat perekonomian nasional serta kota global. Lalu semacam apa wajah Jakarta ke depannya dengan status tersebut?

Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah membayangkan DPR tengah merancang Jakarta selaku sentra bisnis. Tetapi, skala yang di harapkan bukan cuma lokal di Indonesia, tetapi sentra bisnis serta perekonomian yang mendunia.” Tingkatnya ya tingkatan global, semacam New York,” kata Trubus di kala di hubungi Kamis( 7/ 12/ 2023).

Ia berkata logika perancangan dalam RUU tersebut mau mendesain Jakarta jadi suatu kota unggulan serta kota kebanggan yang di punyai Indonesia. Bagi ia, konsep kota kebanggaan tersebut terdapat di banyak negeri.

Baca Juga :

Ganjar Berkunjung Ke IKN Menggunakan Helikopter

Ia memperhitungkan keberadaan Jakarta dengan seluruh kekhususannya pula tidak hendak mengusik pamor Bunda Kota Nusantara( IKN) yang lagi di bentuk di Kalimantan Timur. Bagi ia, perbandingan kedua kota telah jelas. Jakarta selaku sentra bisnis, sedangkan IKN selaku sentra pemerintahan.

Trubus berkata tujuan pembangunan Jakarta yang termuat dalam RUU DKJ bisa jadi saja tercapai. Mengingat Jakarta mempunyai infrastruktur yang sangat lengkap di banding wilayah yang lain. Pekerjaan rumah pemerintah, kata ia, tinggal melenyapkan masalah- masalah lama kota ini semacam banjir.

Jakarta Jadi Kota Global, Seperti New York

” Sepanjang permasalahan klasik dapat di tuntaskan bertahap aku percaya dapat tercapai kota yang semacam di idamkan,” tutur ia.

Kata global buat Jakarta di ucap sebanyak 10 kali dalam RUU DKJ yang sudah legal jadi usul inisiatif DPR. Salah satu poin RUU mengatakan kalau provinsi Wilayah Spesial Jakarta mempunyai guna serta kedudukan yang strategis selaku pusat perekonomian nasional serta selaku kota global.

Jakarta hendak di desain jadi pusat jejaring bisnis antara Indonesia dengan kota yang lain di dunia. Sekalian kawasan aglomerasi untuk wilayah di sekitarnya yang membagikan donasi signifikan terhadap perekonomian nasional serta pemasukan negeri dan jadi penopang kesejahteraan rakyat di Jakarta ataupun nasional.

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours