Mengapa Planet Mars Hilang, Ini Alasan NASA

Estimated read time 2 min read

Mengapa Planet Mars Hilang, Ini Alasan NASA – Planet Mars lenyap dari antariksa semenjak akhir minggu kemudian. Alasannya, orbit Mars bawa planet tersebut jauh dari Matahari sehingga tidak dapat nampak sepanjang berminggu- minggu.

Fenomena yang di ucap selaku konjungsi Matahari ini di akibatkan orbit Mars bergerak melawan sisi Matahari yang menuju ke Bumi, di lansir dari Space, Rabu( 22/ 11/ 2023).

Mars terpisah dari Matahari dalam jarak kurang dari 1 derajat. Keduanya terletak di konstelasi Libra.

Setelahnya, Mars seakan sirna serta tidak dapat di amati sepanjang sebagian pekan sebab terhalang oleh sinar Matahari.

Konjungsi Matahari di rasakan oleh Bumi serta Mars tiap 2 tahun sekali, bersumber pada waktu di Bumi. Planet ke- 3 serta ke- 4 dari Matahari tersebut pula hendak berjarak lebih jauh dari keadaan wajar.

Baca Juga :

NASA Bocorkan Lokasi Alien, Ternyata Dekat Bumi

Umumnya, Mars serta Bumi terpisah dalam jarak dekat 225 juta km. Sepanjang konjungsi Matahari berlangsung, Mars serta Bumi hendak berjarak nyaris 2 kali lipat lebih jauh, ialah dekat 378 juta km.

Sepanjang lebih dari 20 tahun, NASA sudah mengoperasikan robot penjelajah yang di namai Curios serta Perseverance buat mengamati permukaan Mars.

Tidak hanya itu, NASA pula menerbangkan helikopter Ingenuity di atas Mars, dan sebagian pesawat ruang angkasa yang mengorbit di dekat Planet Merah tersebut.

Dalam sebagian bulan ke depan, Mars hendak timbul dari sisi lebar Matahari serta nampak lebih lama di langit saat sebelum fajar menyambut.

Kemudian, sepanjang satu tahun ke depan, Mars hendak menggapai oposisi serta nampak nyaris selama malam dari langit Bumi.

Mengapa Planet Mars Hilang, Ini Alasan NASA

Sepanjang konjungsi Matahari, pengendali misi di Bumi hendak kehabisan kontak dengan robot yang melaksanakan misi di Mars. Penjelajahan hendak terhenti, helikopter Ingenuity di larang terbang, serta pesawat ruang angkasa tidak dapat mengirimkan informasi ke Bumi.

Protokol itu di coba buat menghindari mungkin masuknya perintah parsial yang mengusik operasional robot ataupun pesawat ruang angkasa.

” NASA hendak menunda pengiriman perintah ke armada Mars sepanjang 2 pekan, mulai 11 sampai 25 November,” kata NASA dalam penjelasan resminya.

” Misi ini di hentikan sebab gas panas terionisasi yang di keluarkan dari korona matahari berpotensi mengganggu sinyal radio yang di kirim dari Bumi ke pesawat ruang angkasa NASA di Mars, sehingga menimbulkan sikap yang tidak terduga,” di paparkan lebih lanjut.

NASA berkata timnya sudah menghabiskan waktu berbulan- bulan buat mempersiapkan catatan perihal yang wajib di coba ke seluruh pesawat luar angkasa Mars.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours