Waspada Arus Balik Lebaran, Polisi Siap-Siap Lakukan Contraflow

Estimated read time 3 min read

Waspada Arus Balik Lebaran, Polisi Siap-Siap Lakukan Contraflow – Kepolisian masih hendak memberlakukan rekayasa kemudian lintas 2 arah ataupun contraflow sepanjang arus balik libur Lebaran 2024. Buat itu, pemudik di imbau waspada serta di ingatkan supaya tidak menyudahi di bahu jalur sepanjang contraflow berlaku.

Selaku catatan, pada periode arus mudik Lebaran 2024, terjalin musibah yang membunuh 12 orang. Peristiwa ini bersamaan di kala contraflow di tol Cikampek di berlakukan.

” Jika jalan tol penuh, kami siapkan jalan arteri di titik- titik tertentu, hendak kita buka. Apabila terjalin kepadatan serta kemudian lintas tidak bergerak, kita hendak buka jalan arteri buat sebagian waktu. Kebijakan one way serta contra flow pula senantiasa hendak kita laksanakan tercantum peralihan arus di jalan arteri. ” ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam keterangannya, di lansir Selasa( 16/ 4/ 2024).

Di paparkan, rekayasa kemudian lintas yang lain pengalihan ke jalan Jakarta- Cikampek 2 Selatan hendak di terapkan optimal 500 kendaraan per jam pada siang serta malam hari. Kenaikan kewaspadaan keselamatan lajur contraflow pula hendak di coba.

Sedangkan itu, Menteri Perhubungan( Menhub) Budi Karya Sumadi berkata, tidak hanya rekayasa kemudian lintas, penyebaran waktu pada arus balik pula butuh di coba supaya tidak terkonsentrasi pada satu waktu tertentu serta ruas tertentu. Oleh sebab itu, warga dapat menunda waktu pulangnya supaya bisa menunda terlebih dulu waktu kepulangannya.

Waspada Arus Balik Lebaran, Polisi Siap-Siap Lakukan Contraflow

Baca Juga :

Aturan Tol Gratis Saat Lebaran 2024

” Oleh karenanya warga pula wajib menunjang dengan partisipasi tiap- tiap keadaan. Jika dapat WFH( work from home/ bekerja dari rumah) ataupun tunda kembali, di tunda dahulu. Untuk ASN, keputusan Presiden buat membagikan toleransi WFH untuk ASN tolong di manfaatkan. Harapannya kepadatan jalur tidak optimal,” tegasnya.

Terlebih jumlah kendaraan yang bakal balik ke Jakarta masih banyak.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menarangkan realisasi volume kemudian lintas kembali ke Jakarta pada periode Lebaran H1 hingga H+3( 10- 14 April 2024) lewat 4 Gerbang Tol Utama( GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, GT Cikupa) menggapai 961 ribu kendaraan, yang ialah 52% dari total prediksi 1, 87 juta kendaraan yang hendak kembali ke Jabotabek pada periode H1 sampai H+7( 10- 18 April 2024).

” Kami perkirakan masih dekat 907 ribu kendaraan hendak kembali ke Jabotabek ataupun masih dekat 48% pemudik yang belum kembali ke Jabotabek,” ucapnya.

” Buat itu kami terus siaga, paling utama pada titik krusial Kilometer 66 Jalur Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta yang ialah pertemuan kemudian lintas dari arah Trans Jawa serta Bandung, salah satunya dengan menunjang rekayasa kemudian lintas atas diskresi Kepolisian, menaikkan lajur transaksi di gerbang tol, pengalihan kemudian lintas mengarah jalan fungsional Japek II Selatan sampai mempersiapkan fasilitas di lajur contraflow,” jelas Subakti.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours