5 Kota Penting dalam Sejarah Islam

Estimated read time 4 min read

5 Kota Penting dalam Sejarah Islam – Agama Islam mempunyai tempat- tempat tertentu yang sangat di junjung besar kisah- kisah serta arti yang terpaut. Paling tidak terdapat 5 kota yang masih mempertahankan sejarah Islam serta mempunyai makna berarti untuk umat Muslim sampai saat ini.

Berikut 5 kota berarti dalam sejarah Islam yang tiap- tiap mempunyai ikon iman luar biasa:

1. Mekah, Arab Saudi

Mekah, Arab Saudi pasti terletak di urutan paling atas jadi kota sangat suci dengan kunjungan umat Muslim paling banyak. Untuk warga Muslim di Indonesia apalagi wajib mengantri sampai bertahun- tahun lamanya buat dapat mendatangi kota tersebut.

Kota sangat suci tersebut di ucap selaku tempat kelahiran Muhammad, dekat tahun 570 Meter. Tetapi kota ini telah suci apalagi saat sebelum Dia tiba. Adam serta Abraham pula mempunyai ikatan yang kokoh dengan kota ini.

Bagian tengah kota ini mempunyai kubus granit kuno, Kabah, yang berdiri di dalam Masjidil Haram( Masjid al- Haram) serta di tutupi oleh kiswah, kain gelap yang di tenun dengan ayat- ayat Al- Quran. Umat Muslim di segala dunia membungkukkan tubuhnya ke arah Kabah 5 kali satu hari, suatu ritual yang di resmikan oleh Muhammad pada tahun 624.

Umat Islam yang mempunyai keahlian di harapkan mendatangi Mekah sekali seumur hidup buat menunaikan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima.

2. Madinah, Arab Saudi

Masih di Arab Saudi, kota berarti selanjutnya terdapat di Madinah, yang di ucap selaku kota tempat pemakaman Muhammad. Serta kota tempat Nabi dan para pengikutnya melarikan diri dari serbuan di Mekah, Madinah.

meter. Jutaan umat Islam berkunjung tiap tahun buat berdoa di Masjid Nabawi( Masjid an- Nabawi). Walaupun bukan ialah bagian dari ibadah haji ataupun kewajiban untuk umat Islam, aksi ini di katakan bernilai lebih dari seribu salat di masjid lain mana juga.

3. Kairouan, Tunisia

Kota berarti yang lain terdapat di Kairouan, Tunisia. Di situ terdapat Masjid Agung yang di nilai sudah berdiri sepanjang lebih dari seribu tahun. Pepatah terkenal berkata bila belum dapat berangkat ke Mekah, hingga tujuan ziarah ke Kairouan bisa jadi dapat menyelamatkan jiwa.

Di awali pada tahun 670 Meter ataupun dekat 38 tahun sehabis wafatnya Nabi Muhammad, bangunan ini di bentuk kembali serta di perluas pada abad selanjutnya.

Struktur yang terdapat di kala ini merupakan bagian dari lingkungan yang luas di kota suci ini serta berasal dari masa pemerintahan dinasti Aghlabid Arab- Muslim, yang memerintah di daerah Ifriqiyah( saat ini Tunisia serta Aljazair timur) pada abad kesembilan.

5 Kota Penting dalam Sejarah Islam

4. Harem al- Sharif, Yerusalem, Israel

Selanjutnya terdapat Haram al- Sharif, yang pula di ketahui selaku Bukit Bait Suci, merupakan web suci yang terletak di kota Yerusalem, Israel. Dalam Islam, tempat ini di kira selaku salah satu tempat sangat suci sehabis Mekkah serta Madinah.

Sedangkan dalam tradisi Yahudi, tempat ini di kira selaku web sangat suci ketiga sehabis Bukit Zion serta Bukit Moria. Dalam bahasa Ibrani, tempat ini di ketahui selaku Har HaBayit, sedangkan dalam bahasa Arab, di ucap al- Haram al- Qudsi al- Sharif.

Haram al- Sharif mempunyai arti spiritual serta sejarah yang sangat besar untuk umat Islam. Di dalamnya ada sebagian bangunan berarti, tercantum Masjid al- Aqsa serta Kubah Batu( Dome of the Rock).

Masjid al- Aqsa merupakan salah satu masjid tertua serta terbanyak di dunia, sedangkan Kubah Batu merupakan bangunan yang di ketahui dengan kubah emasnya yang mencolok. Bagi tradisi Islam, Kubah Batu merupakan tempat di mana Nabi Muhammad melaksanakan ekspedisi malam( Isra Miraj), yang ialah peristiwa berarti dalam sejarah Islam.

5. Masjid Bani Umayyah, Damaskus, Syria

Terakhir terdapat Masjid Bani Umayyah, yang terletak di pusat Kota Tua Damaskus, Syria yang dibentuk pada abad ke- 8 Masehi sepanjang masa pemerintahan Kekhalifahan Bani Umayyah.

Masjid ini merupakan salah satu contoh arsitektur Islam dini yang sangat indah serta mengesankan di dunia. Salah satu fitur sangat menonjol dari Masjid Bani Umayyah merupakan kubah besar bercorak emas yang mencolok.

Kubah ini ialah salah satu karakteristik khas masjid serta jadi salah satu landmark Kota Tua Damaskus.

Masjid Bani Umayyah pula mempunyai nilai spiritual yang besar untuk umat Muslim. Tidak hanya berperan selaku tempat ibadah, masjid ini pula mempunyai makam sebagian tokoh berarti dalam sejarah Islam.

Sayangnya, sepanjang konflik di Suriah pada abad ke- 21, masjid ini pula hadapi kehancuran sungguh- sungguh akibat pertempuran serta kehancuran struktural. Tetapi, upaya restorasi sudah dicoba buat memulihkan keagungan serta keelokan masjid ini selaku peninggalan budaya yang berarti untuk Syria serta umat Islam.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours