Korban Tewas Mudik Lebaran Lebih dari 35 Jiwa per Hari

Estimated read time 3 min read

Korban Tewas Mudik Lebaran Lebih dari 35 Jiwa per Hari – Dekat 194 juta warga Indonesia hendak mudik pada Lebaran tahun ini. Dengan pergerakan yang luar biasa ini pasti aja terdapat resiko musibah yang mengintai.

Masa mudik Lebaran 2024 yang baru saja di awali apalagi telah menelan korban tewas.

Suatu truk tangki pengangkut minyak sawit terguling di Jalur Raya Cipatat, Kabupaten Bandung Barat( KBB), Jawa Barat pada Pekan( 7/ 4/ 2024) dini hari. Truk menghantam pemudik yang lagi melaju di suatu mobil. 3 orang tewas dalam musibah.

Korban tewas pula terjalin dalam insiden suatu mobil di hutan kawasan TNBBS Pekon Rata Agung Kecamatan Lemong Pesisir Selatan, Lampung, pada Jumat( 5/ 4/ 2204).

Supir mobil di prediksi mengantuk sehingga mobil masuk jurang, Satu bayi di laporkan wafat.

Kenyataannya, mudik memanglah sering memunculkan musibah. Supir mengantuk serta rem blong merupakan sebagian pemicu utama musibah.

Informasi Kepolisian RI yang di informasikan dalam Penilaian Mudik 2023 di DPR mencatat jumlah korban wafat sepanjang arus mudik serta balik masih di atas 500 jiwa.

Pada 2023, jumlah pemudik yang tewas menggapai 534 jiwa dalam 15 hari Pembedahan Ketupat arus mudik serta balik( 17 April- 1 Mei 2023). Maksudnya, terdapat 35, 6 orang wafat per hari sebab musibah kemudian lintas sepanjang periode arus mudik serta balik tersebut.

Baca Juga :

Tarif Tol Kena Diskon 10%

Jumlah ini memanglah lebih sedikit di banding masa mudik 2022 ialah 62 jiwa orang wafat per hari. Maksudnya, dalam 2 masa mudik terakhir, rata- rata korban wafat akibat musibah menembus 48, 8 jiwa ataupun nyaris 49 jiwa per hari,

Selaku catatan, masa mudik 2022 merupakan tahun awal di mana warga Indonesia di perbolehkan bepergian ke luar kota sehabis pandemi Covid- 19.

Pemerintah melarang mudik pada 2020 serta 2021 di kala Covid- 19 masih dalam puncaknya.

Survei Tubuh Kebijakan Transportasi Departemen Perhubungan mencatat, kemampuan pergerakan nasional pada Lebaran 2024. Angka ini naik naik dekat 56% dari tahun kemudian.

Dari 193 juta lebih pemudik ini, pemudik dengan kendaraan kereta api sangat banyak ialah 20, 3% ataupun 39, 32 juta.

Korban Tewas Mudik Lebaran Lebih dari 35 Jiwa per Hari

Di taksir puncak hari mudik bersumber pada opsi warga merupakan H- 2 ataupun Senin, 8 April 2024( di mulainya cuti bersama) dengan kemampuan pergerakan 26, 6 juta orang( 13, 7%). Sebaliknya di taksir puncak hari balik merupakan H+3 ialah Pekan, 14 April 2024 dengan kemampuan pergerakan 41 juta orang( 21, 2%).

Dengan pergerakan yang luar biasa besar hingga terdapat kemampuan musibah yang timbul, baik yang tiba sebab kesalahan manusia ataupun teknis.

Bagi Kepolisian RI paling tidak terdapat 6 aspek utama pemicu tingginya musibah mudik ialah pelanggaran kemudian lintas, kendaraan yang di gunakan bermasalah, keadaan jalur raya yang rusak semacam jalur berlubang, aspek rambu- rambu kemudian lintas, cuaca serta hawa, serta keadaan tidak terduga.

Baca Juga :

Takut Miskin Karena Mudik, Lakukan 4 Tips Ini

Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Metode Sipil Unika Soegijapranata serta Wakil Pimpinan Pemberdayaan serta Pengembangan Daerah Warga Transportasi Indonesia( MTI) Pusat, menegaskan salah satu yang butuh di cermati pemerintah merupakan pemudik yang hendak memakai sepeda motor.” Pemudik dengan sepeda motor wajib di larang bawa benda kelewatan serta kanak- kanak. Pemudik yang memakai truk ataupun mobil pikap semestinya dilarang. Karena, walaupun di beri pelindung semacam terpal pada bagian atas, truk serta pikap cuma di perbolehkan buat mengangkat benda, bukan orang,” ucapnya, kepada CNBC Indonesia.

Ia meningkatkan pemudik butuh menyimak 10 panduan yang di anjurkan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi( KNKT) buat berkendara di kala berpuasa buat kurangi musibah:

1. Rehat yang cukup

2. Jauhi santapan yang dapat menimbulkan kantuk

3. Patuhi batasan kecepatan kendaraan

4. Jaga jarak nyaman dengan kendaraan lain

5. Memperbanyak rehat bila kehabisan kosentrasi

6. Perhatikan tekanan angin pada ban kendaraan

7. Tabah serta hirau ketentuan kemudian lintas

8. Pahami rute ekspedisi saat sebelum berkendara

9. Teliti pakai aplikasi navigasi buat jauhi jalan alternatif berbahaya

10. Jauhi bawa penumpang serta benda kelewatan.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours