5 Gempa Bumi Terdahsyat Pernah Guncang RI

Estimated read time 2 min read

5 Gempa Bumi Terdahsyat Pernah Guncang RI – Gempa bumi yang mengguncang Tuban, Jawa Timur menggemparkan publik. Alasannya gempa ini tidak biasa dengan kekuatan yang menggapai 6, 5 SR.

Tubuh Meteorologi, Klimatologi, juga Geofisika( BMKG) mencatat guncangan tersebut pada Jumat( 22/ 3/ 2024) jam 15. 52. 58 Wib dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasinya di Laut Jawa di 5. 76 LS serta 112. 33 BT.

Bagi BMKG, pusat gempa berjarak 130 kilometer Timur Laut Tuban, Jawa Timur, 151 kilometer Barat Laut Lamongan Jawa Timur, 151 kilometer Timur Laut Rembang, Jawa Tengah, 172 kilometer Barat Laut Surabaya, Jawa Timur, juga 613 kilometer Timur Laut Jakarta, Indonesia.

Apalagi gempa ini di alami di Blora, Madura, Gresik, Surabaya, Banjar III- IV, Banjarbar, Sampit, banjarmasin, Martapura, balikpapan, tanah Grogot, Mojokerto, Malang, Lumajang, Madiun, Nganjuk, Pasuruan, Jepara, Rembang, Demak, Kudus, Semarang II- III MMI, Pacitan, Trenggalek, Blitar, Solo, Sleman, Yogyakarta, Kulonprogo, Kebumen, Temanggung I- II MMI.

5 Gempa Bumi Terdahsyat Pernah Guncang RI

BMKG menganalisis karena dari gempa ini juga tercatat gempa ini ialah tipe gempa bumi dangkal akibat terdapatnya kegiatan sesar aktif di laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menampilkan kalau gempa bumi mempunyai mekanisme pergerakan geser( strike- slip).

Saat sebelum ini, gempa bumi di Indonesia kerapkali terjalin juga salah satu yang sangat besar yang sempat tercatat selama sejarah ialah Gempa Aceh yang terjalin di akhir Desember 2004.

Terjalin suatu gempa dahsyat yang menyerang Aceh. Gempa berkekuatan 9. 3 SR ini menimbulkan serangkaian tsunami dahsyat di selama daratan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Aceh ialah wilayah yang terserang akibat sangat parah tidak hanya Sri Lanka, Thailand, juga India.

Banyak korban jiwa dalam bencana ini, apalagi hingga memegang pada angka 170. 000 jiwa. Oleh sebab itu, Museum Tsunami Aceh terbuat buat mengenang korban dari tsunami Aceh tersebut, sekalian tempat bimbingan serta pusat evakuasi kala bencana.

5 Kejadian Gempa Bumi Terbesar di Indonesia (SR)

  • Aceh (2004) 9.3 SR
  • Sumatera (2005) 8.6 SR
  • Maluku (2023) 7.9 SR
  • Padang (2009) 7.6 SR
  • Palu-Donggala (2018) 7.4 SR

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours