Raja Chip Bawa Kabar Buruk, Mahasiswa IT Harap Waspada

Estimated read time 2 min read

Raja Chip Bawa Kabar Buruk, Mahasiswa IT Harap Waspada – CEO Nvidia Jensen Huang blak-blakan menyebut manusia tak perlu lagi belajar ilmu komputer. Sebab, di masa depan, komputer akan makin canggih dan manusia tak perlu membuat pemrograman yang rumit.

Hal ini, menurut dia, akan mendemokratisasi industri teknologi. Sebab, ia menilai semua orang akan makin melek teknologi berkat perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI).

“Kami akan membuat komputer jadi lebih pintar, sehingga tak ada lagi yang perlu belajar ilmu komputer untuk membuat pemrograman komputer,” kata dia, dalam wawancara bersama Jim Cramer di CNBC International, di kutip Kamis (21/3/2024).

Lebih lanjut, Huang mengatakan tujuan AI adalah membuat komputer mengerti bahasa manusia. Saat ini, manusia yang perlu memahami bahasa komputer untuk menciptakan inovasi.

Oleh sebab itu, dalam beberapa dekade terakhir, profesi computer engineer menjadi incaran. Jurusan IT pun jadi sasaran bagi lulusan SMA yang ingin mendaftar kuliah karena masa depannya di nilai gemilang.

Raja Chip Bawa Kabar Buruk, Mahasiswa IT Harap Waspada

“Komputer harus bisa memahami apa yang manusia inginkan dan tujuan manusia. Manusia hanya perlu memberikan perintah untuk komputer dengan bahasa manusia, agar mereka mengerjakan apa yang di butuhkan manusia,” kata Huang.

Huang mengatakan di masa depan manusia akan melihat pabrik-pabrik di jalankan oleh serangkaian robot canggih. Kendati demikian, ia tak sepakat jika di sebut robot akan menggantikan manusia.

Sebab, robot-robot yang di ciptakan oleh AI perlu di latih oleh manusia untuk menjadi robot produktif. Robot harus belajar dari data. Ke depannya, data itu akan bisa langsung di pelajari dan di analisa dari pergerakan manusia sehari-hari.

Peran manusia sangat krusial dalam pelatihan robot, sehingga Huang memprediksi manusia tak akan jadi pengangguran.

“Ini justru akan menciptakan lapangan pekerjaan dan membuat perusahaan lebih produktif,” kata dia.

“Ketika perusahaan lebih produktif, pendapatan mereka akan naik. Ketika itu terjadi, mereka akan merekrut lebih banyak karyawan,” ia menuturkan.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours