Bahaya Air Tercemar Mikroplastik, Lakukan Ini Biar Aman

Estimated read time 2 min read

Bahaya Air Tercemar Mikroplastik, Lakukan Ini Biar Aman – Nano serta mikroplastik terdapat di mana- mana, semacam di air, tanah, serta hawa. Walaupun banyak metode yang sudah di coba buat melenyapkan serpihan plastik ini, salah satu pemecahan efisien buat mensterilkan air minum merupakan dengan merebusnya, semudah semacam menyeduh secangkir teh ataupun kopi.

Semacam yang di laporkan dalam Environmental Science& Technology Letters dari ACS, merebus serta menyaring air keran yang memiliki kalsium bisa menolong melenyapkan nyaris 90% nano serta mikroplastik yang terdapat.

Kontaminasi air dengan nano serta mikroplastik( NMP) yang dimensi diameternya sekecil seperseribu mm. Ataupun sebesar 5 mm, saat ini seakan jadi perihal yang biasa. Akibat partikel- partikel ini terhadap kesehatan manusia masih dalam penyelidikan. Walaupun riset di kala ini menampilkan kalau menelannya bisa pengaruhi mikrobioma usus.

Sebagian sistem penyaringan air minum yang mutahir menangkap NMP. Tetapi tata cara yang simpel serta murah dibutuhkan buat menolong kurangi mengkonsumsi plastik manusia secara signifikan.

Mengutip ScitechDaily, para periset yang terdiri dari Zhanjun Li, Eddy Zeng, serta rekan, mau memandang apakah merebus dapat jadi tata cara yang efisien buat menolong melenyapkan NMP dari air keran.

Penemuan Riset tentang Air Mendidih buat Melenyapkan Plastik

Para periset mengumpulkan ilustrasi air keran sadah dari Guangzhou, Cina, serta membubuhkannya dengan jumlah NMP yang berbeda. Ilustrasi di rebus sepanjang 5 menit serta di biarkan dingin.

Setelah itu, regu mengukur isi plastik yang mengambang leluasa. Merebus air sadah yang kaya hendak mineral secara natural hendak membentuk zat kapur yang di ucap kerak kapur, ataupun kalsium karbonat( CaCO3).

Bahaya Air Tercemar Mikroplastik, Lakukan Ini Biar Aman

Hasil percobaan ini menampilkan kalau bersamaan dengan kenaikan temperatur air, CaCO3 membentuk incrustant, ataupun struktur kristal, yang membungkus partikel plastik.

Zeng berkata kalau bersamaan berjalannya waktu, incrustant ini hendak menumpuk semacam kerak kapur pada biasanya, yang setelah itu bisa di hilangkan buat melenyapkan NMP.

Ia menganjurkan sisa sisa yang mengambang di air bisa di hilangkan dengan menuangkannya lewat filter simpel semacam filter kopi.

Dalam pengujian tersebut, dampak enkapsulasi lebih nampak pada air sadah. Dalam ilustrasi yang memiliki 300 mg CaCO3 per liter air, sebanyak 90% NMP yang mengambang leluasa lenyap sehabis di didihkan.

Tetapi, apalagi dalam ilustrasi air lembut( kurang dari 60 mg CaCO3 per liter), perebusan masih melenyapkan dekat 25% NMP. Para periset berkata kalau riset ini bisa membagikan tata cara yang simpel tetapi efisien buat kurangi mengkonsumsi NMP.

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours