Harga Beras Mulai Turun Di Cipinang, Di Pasar Tradisional Belum

Estimated read time 2 min read

Harga Beras Mulai Turun Di Cipinang, Di Pasar Tradisional Belum – Harga beras baik medium ataupun premium di Pasar Induk Beras Cipinang( PIBC) mulai menampilkan penyusutan. Ada pula penurunannya dekat Rp2. 000 buat beras medium, serta Rp1. 000- Rp1. 500 buat beras premium. Hari ini, harga beras medium di patok Rp13. 000 per kilogram, sedangkan beras premium di Rp14. 500- Rp15. 000 per kilogram. Lalu, gimana dengan harga beras di pasar tradisional ataupun pasar turunannya?

Nasir, salah seseorang orang dagang beras di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur mengaku, memanglah telah mulai terjalin penyusutan harga semenjak dini bulan Maret kemarin. Tetapi penurunannya masih belum signifikan, dia menyebut harga beras baru turun Rp500 dari sehabis Pemilihan Universal( Pemilu) pada 14 Februari 2024 kemudian hingga dengan saat ini.

Hari ini, Nasir menjual beras tipe premium di harga Rp14. 000- Rp15. 000 per kilogram. Sebaliknya buat beras medium, dia tidak menjualnya, dengan alibi mutu beras kurang bagus, sehingga banyak pelanggannya yang enggan membeli.

” Harga dari dini bulan( Maret) memanglah terdapat turun sedikit. Kita kan jual bergantung harga di( pasar induk) Cipinang nya gimana. Jika di Cipinang agak turun, ya kita jual pula agak turun,” kata Nasir di kala di temui CNBC Indonesia di posisi, Selasa( 5/ 3/ 2024).

Baca Juga :

Harga Beras Naik Lagi, Harga Gula-Kedelai Terus Meroket

Harga Beras Mulai Turun Di Cipinang, Di Pasar Tradisional Belum

” Jika dari harga saat sebelum Pemilu itu kan naik, nah sehabis Pemilu mulai terdapat penyusutan. Dari habis pemilu hingga saat ini itu terdapat penyusutan dekat Rp500 per kilogram nya,” lanjutnya.

Berbeda dengan Nasir, orang dagang beras yang lain di Pasar Rawamangun, Zahir malah menyebut harga beras hari ini hadapi peningkatan.

” Belum terdapat turun, ini malah naik. Aku baru kembali belanja dari pasar induk Cipinang. Kemarin beras Saigon ini( tipe premium) pernah Rp15. 500 per kilogram, saat ini jadi Rp16. 000 per kilogram. Ramos hari ini Rp16. 000( per kilogram) pula. Jika yang( beras) mediumnya hari ini Rp15. 000 per kilogram,” ungkap Zahir.

Sedangkan itu, Hendi, orang dagang beras di Pasar Rawamangun yang lain menuturkan, penyusutan harga beras hari ini tidak terjalin di seluruh tipe maupun merk beras, cuma berlaku pada beras IR saja.

” Tidak seluruh beras turun, yang turun itu yang IR, dari Rp780. 000 ke Rp730. 000 per karung 50 kilogram. Tetapi kan beras jika masih Rp700 ribuan mah masih mahal, sebab wajarnya harga Rp500. 000 itu telah bisa beras premium yang sangat bagus,” ucapnya.

Hendi mengatakan, hari ini dirinya baru kembali belanja ke PIBC, serta dia mematok harga beras premium hari ini di Rp17. 000 per kilogram, serta beras medium Rp14. 000 per kilogram.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours