OJK Blokir 233 Pinjol Ilegal dan 78 Pinjaman Pribadi Terbaru 2024

Estimated read time 4 min read

OJK Blokir 233 Pinjol Ilegal dan 78 Pinjaman Pribadi Terbaru 2024 – Satuan Tugas Pemberantasan Kegiatan Keuangan Ilegal( Satgas Tentu) yang di bangun Otoritas Jasa Keuangan( OJK) kembali memblokir entitas pinjaman online( pinjol) ilegal.

Terdapat 233 pinjol ilegal serta 78 penawaran pinjaman individu( pinpri) yang di blokir sebab berpotensi merugikan warga serta melanggar syarat penyebaran informasi individu.

Secara total, Satgas Tentu sudah memblokir 8. 460 entitas keuangan ilegal semenjak 2017 sampai 31 Januari 2024. Tiap- tiap terdiri dari 1. 218 entitas investasi ilegal, 6. 991 entitas pinjol ilegal serta pinpri, dan 251 entitas pegadaian ilegal.

Lebih lanjut, Satgas Tentu memperingatkan warga supaya terus waspada dalam melaksanakan peminjaman online. Jangan hingga terjerat dengan memakai pinjol ilegal, karena akibatnya dapat membahayakan informasi individu peminjam.

Awas Modus Penipuan Baru

Tidak hanya terpaut kegiatan pinjol ilegal, Satgas Tentu pula memohon warga mewaspadai penipuan baru dengan modus lowongan kerja paruh waktu( part time) yang gempar akhir- kahir ini.

Aktivitas tersebut merugikan para korban. Berikut modusnya:

1. Awal mulanya pelakon memohon korban melaksanakan sesuatu pekerjaan buat like serta subscribe sesuatu artikel di sosial media.

2. Sehabis melaksanakan misi awal, korban memperoleh pemasukan serta setelah itu di undang buat bergabung dalam sesuatu tim chat.

3. Berikutnya pelakon memohon korban buat melaksanakan deposit serta mengerjakan misi- misi berikutnya.

4. Pelakon membagikan janji kalau sehabis misi terpenuhi serta terselesaikan dengan baik. Korban hendak memperoleh deposit kembali beserta reward yang di janjikan.

OJK Blokir 233 Pinjol Ilegal dan 78 Pinjaman Pribadi Terbaru 2024

Baca Juga :

OJK Gelar Edukasi Keuangan Bersama BPJS Ketenagakerjaan

5. Pada pekerjaan berikutnya, pelakon kembali memohon menaikkan deposit dari para korban. Tetapi sehabis sebagian waktu setelah itu pelakon kabur ataupun menghilang dengan bawa kabur duit korban.

6. Korban di tipu dengan iming- iming memperoleh imbalan yang kilat di dapatkan dari hasil kerja paruh waktu.

Satgas Tentu memohon warga buat senantiasa mencermati 2 aspek berarti, ialah Sah serta Logis alias 2L. Sah maksudnya membenarkan kalau produk ataupun layanan yang di tawarkan tersebut telah mempunyai izin usaha yang pas dari otoritas/ lembaga yang mengawasi.

Sedangkan itu, Logis maksudnya senantiasa mencermati hasil ataupun keuntungan yang di tawarkan, apakah logis ataupun tidak.

Warga yang menciptakan data ataupun tawaran investasi serta pinjaman online yang mencurigakan ataupun di prediksi ilegal ataupun membagikan iming- iming imbal hasil/ bunga yang besar( tidak logis) buat melaporkannya kepada Kontak OJK dengan no telepon 157, WA( 081157157157), email: konsumen@ojk. go. id ataupun email: satgaspasti@ojk. go. id.

Bertepatan dengan penjelasan formal yang di terima CNBC Indonesia, Selasa( 13/ 2/ 2024), Satgas Tentu pula mengumumkan normalisasi PT Gadai Syariah Berkat Bersama yang lebih dahulu masuk dalam catatan ilegal.

Tidak hanya itu, PT Asuransi Jiwa Syariah Kitabisa pula sudah merampungkan akuisisi dengan PT Asuransi Jiwa Syariah Amanahjiwa Giri Artha. Ke depannya, entitas ini hendak memakai nama Silih Jaga buat produk asuransi yang di pasarkan. OJK sudah membagikan izinnya, sehingga entitas ini dapat beroperasi secara sah.

Normalisasi PT Gadai Syariah Berkat Bersama

Satgas Tentu membagikan apresiasi kepada PT Gadai Syariah Berkat Bersama yang sudah penuhi perizinan aktivitas pergadaian lewat Pesan Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan No KEP- 48/ D. 05/ 2023 bertepatan pada 27 Juni 2023 dengan lingkup usaha daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan demikian, PT Gadai Syariah Berkat Bersama bukan ialah aktivitas pergadaian ilegal serta di keluarkan dari catatan pergadaian ilegal. Tidak hanya itu web https:// gadaisyariah. id yang di punyai oleh PT Gadai Syariah Berkat Bersama di normalisasi, sehingga bisa di gunakan oleh PT Gadai Syariah Berkat Bersama.

Lebih dahulu bersumber pada siaran pers bertepatan pada 10 November 2022, PT Gadai Syariah Berkat Bersama tercantum dalam catatan industri pergadaian ilegal. Tidak hanya itu, Satgas pula melaksanakan pemblokiran terhadap web https:// gadaisyariah. id.

Satgas Tentu mendesak para pelakon usaha gadai ilegal buat lekas penuhi perizinannya sebagaimana amanat Pasal 113 ayat( 1) jo. Pasal 106 ayat( 1) huruf e Undang- Undang No 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan serta Penguatan Zona Keuangan.

PT Asuransi Jiwa Syariah Kitabisa

PT Kitabisa Indonesia, lewat anak perusahaannya PT Kerja sama Aksi Indonesia, sudah menuntaskan proses akusisi PT Asuransi Jiwa Syariah Amanahjiwa Giri Artha( Amanah Githa) pada 23 Januari 2024. Amanah Githa yang di kala ini berubah nama jadi PT Asuransi Jiwa Syariah Kitabisa hendak memakai nama Silih Jaga buat produk asuransi yang hendak di pasarkan.

Lebih dahulu pada 5 Mei 2021, Satgas menciptakan aktivitas penghimpunan sumbangan dari warga dengan program Silih Jaga dari Kitabisa. com yang di nilai ialah aktivitas perasuransian sebagaimana di artikan dalam UU Nomor. 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian, sehingga harus memperoleh izin usaha perasuransian dari OJK.

Dengan di selesaikannya proses akuisisi serta perizinan yang berlaku, PT Asuransi Jiwa Syariah Kitabisa bisa memakai nama Silih Jaga buat produk asuransi yang hendak di pasarkan, selama sudah penuhi persyaratan perizinan produk dari OJK.

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours