Penipuan Online File APK Jelang Pemilu, Ini Cara Antisipasinya

Estimated read time 3 min read

Penipuan Online File APK Jelang Pemilu, Ini Cara Antisipasinya – Modus penipuan digital ataupun social engineering masih gempar bersamaan dengan isu yang hangat di perbincangkan di warga. Contohnya, mendekati masa Pemilihan Universal( Pemilu) 2024, para fraudster memiliki modus style baru ialah memberikan undangan pemilu dalam bentuk file apk.

Terpaut modus style baru ini BRI terus menggencarkan bimbingan juga langkah instan menjauhi diri terjebak dari penipuan. Salah satunya dengan campaign#BilangAjaGak buat menolak mentah- mentah seluruh modus penipuan ataupun kejahatan perbankan di platform digital.

Terpaut dengan perihal tersebut, Direktur Jaringan juga Layanan BRI Andrijanto juga menekankan supaya para nasabah terus waspada bila terdapat no yang tidak di ketahui mengirimkan dokumen dengan akhir penamaan. apk, terlebih yang mengatasnamakan BRI.

” BRI tidak sempat membuka channel di aplikasi chat. BRI selaku bank yang sangat concern terhadap seluruh tipe kejahatan bank tetap mengimbau juga mengedukasi nasabah buat lebih waspada juga mengidentifikasi bermacam tipe modus penipuan,” ucapnya di lansir Pekan( 11/ 2/ 2024).

File apk memakai penamaan Undangan Pemilu ataupun PPS PEMILU 2024 saat ini gempar di sebar buat memancing korban. Di sisi lain, oknum penipu masih gencar menggunakan kelengahan korbannya dengan style lama semacam membagikan undangan perkawinan juga gambar paket lewat pesan pendek maupun whatsapp. File- apk tersebut ialah aplikasi beresiko sebab berisi malware yang apabila korban meng- kliknya, pelakon dapat mengakses informasi individu korban buat di salahgunakan.

Penipuan Online File APK Jelang Pemilu, Ini Cara Antisipasinya

Baca Juga :

Modus Penipuan Gaya Baru, Uang 400 Miliar Ludes Seketika

Andrijanto meningkatkan, lewat campaign yang di sebarkan BRI, diharapkan awareness juga kewaspadaan warga terus menjadi bertambah paling utama dalam mengidentifikasi modus juga aplikasi modus kejahatan Social Enggineering( Soceng). Berikut bermacam berbagai modus penipuan digital yang gempar juga berpotensi merugikan warga:

1. Undangan perkawinan digital

2. Pemberitahuan penutupan rekening

3. Pemberitahuan tagihan BPJS

4. Gambar paket dari kurir

5. Pesan pemberitahuan harus pajak

6. Pesan ataupun blangko tilang

7. Pemberitahuan SPT pajak

8. Panitia Pemungutan Suara( PPS) Pemilu

9. Undangan Pemilu

Dengan senantiasa melindungi kerahasiaan informasi dan senantiasa berjaga- jaga dalam menerima pesan, bermacam modus penipuan hendak gampang buat di hindari. BRI juga hendak terus mengedukasi dan mengajak segala warga buat senantiasa waspada hendak modus penipuaan.

Ada pula metode mengestimasi penipuan dengan modus Social Engineering( Soceng):

– Waspada di kala terdapat pesan dari no tidak di ketahui mencantumkan link/ file berupa apk

– Kenali file yang di iringi pengumuman/ pemberitahuan berbentuk ancaman serta membuat kamu panik

– Tidak asal klik link/ file yang di kirimkan

– Bila telah terklik serta instal file tersebut, kilat matikan koneksi informasi selular serta WIFI pada perangkat

– Bilas informasi serta cache aplikasi tersebut

– Uninstall aplikasi tersebut

– Ganti username, PIN serta password Mobile Banking tercantum email pribadi

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours