Negara Kaya Kini Bangkrut, Harga BBM-nya Naik 500%

Estimated read time 3 min read

Negara Kaya Kini Bangkrut, Harga BBM-nya Naik 500% – Pemerintah Kuba formal hendak menaikkan harga Bahan Bakar Minyak( BBM) sampai 500%. Ada pula harga BBM 1 liter di negara Amerika Latin itu melonjak dari yang semula 25 peso ataupun dekat Rp 6. 900 jadi 135 peso ataupun dekat Rp 37. 329.

Peningkatan pula berlaku buat BBM premium. Harga naik dari 30 peso( dekat Rp 8. 299) jadi 156 peso( dekat Rp 43. 158). Peningkatan harga formal hendak berlaku mulai 1 Februari 2024.

Bagi pemerintah, ini jadi langkah terkini guna kurangi defisit anggaran. Tetapi industri kepunyaan negeri serta operator swasta hendak bisa membeli bahan bakar” dengan harga grosir”, yang hendak bertambah sebesar 50%.

” Sebagian besar tarif angkutan universal hendak mempertahankan harga di kala ini,” kata Menteri Transportasi Kuba Eduardo Rodriguez memperjelas kompensasi ke masyarakat, di lansir AFP, Pekan( 21/ 1/ 2024).

Baca Juga :

Harga BBM Non Subsidi Resmi Turun Per 1 Desember 2023

” Tetapi peningkatan besar hendak terjalin pada tiket pesawat dalam negeri serta tarif bis antar provinsi,” tambahnya.

Langkah ini terus menjadi memperdalam krisis bayaran hidup di negeri berpenduduk 11 juta jiwa itu, yang memanglah tengah hadapi krisis ekonomi terburuk semenjak runtuhnya blok Uni Soviet pada tahun 1990 akibat pandemi Covid- 19. Belum lagi, akibat pengetatan sanksi yang di coba Amerika Serikat( AS) dalam sebagian tahun terakhir serta kelemahan struktural dalam perekonomian.

Negara Kaya Kini Bangkrut, Harga BBM-nya Naik 500%

Ekonomi di negeri yang dahulu kaya itu, menurun 2 persen pada tahun 2023, sedangkan inflasi menggapai 30% pada tahun 2023. Lebih dahulu, Kuba pernah jadi salah satu negeri dengan PDB per kapita paling tinggi di Daratan Amerika, dengan kepemilikan mobil serta telepon paling tinggi, dan turut dalam booming industri gula serta pariwisata.

” Negeri ini tidak dapat mempertahankan harga bahan bakar yang ialah yang paling murah di dunia,” kata Menteri Perekonomian Alejandro Gil.

Lebih dahulu pemerintah pada Senin pula mengkonfirmasi peningkatan harga listrik sebesar 25% buat konsumen perumahan utama. Ini akibat peningkatan harga gas alam.

Harga Makanan

Peningkatan BBM otomatis membuat masyarakat takut. Domingo Wong misalnya.

Buat membeli 10 liter bahan bakar buat sepeda motornya, dia berkata wajib membayar lebih dari separuh pendapatan bulanannya. Dia sendiri di upah menemukan upah US$ 21( dekat Rp 327. 000).

” 10 liter itu yang aku pakai dalam seminggu tanpa melaksanakan suatu yang istimewa,” katanya di halaman yang sama.

” Cuma tiap hari berangkat bekerja, mengantar gadis aku ke sekolah, mendatangi kerabat wanita aku,” kata penjaga gedung berumur 57 tahun itu.

Perihal sama pula di katakan Rafael Olivier, 21, masyarakat Havana. Dia percaya harga santapan hendak melambung besar.

” Harga secara universal hendak bertambah sebab santapan yang kita makan tergantung pada transportasi,” katanya.

Masyarakat lain, Javier Vega, seseorang pengemudi berumur 33 tahun yang bekerja di suatu industri ride- hailing, pula menampilkan kekhawatirannya. Paling utama akibatnya terhadap terhadap harga ekspedisi di negeri di mana angkutan universal telah terbatas sebab kekurangan bahan bakar serta suku cadang mobil itu.

Bahan Bakar Kuba Sesungguhnya Murah Tetapi…

Bagi ekonom Omar Everleny Perez harga bahan bakar di Kuba sesungguhnya lebih murah di banding dengan negara- negara lain di dunia. Namun, kata ia, bila membandingkannya dengan pendapatan di negeri tersebut, biayanya sangat mahal.

Pendapatan rata- rata orang Kuba setara dengan dekat 40 dolar per bulan. Ini dekat Rp 632. 000.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours