Penipuan Whatsapp Makin Banyak, Ini Modus Terbaru 2024

Estimated read time 5 min read

Penipuan Whatsapp Makin Banyak, Ini Modus Terbaru 2024 – Upaya penipuan lewat Whatsapp masih gempar terjalin. Pelakon lazimnya melaksanakan social engineering ataupun memanipulasi psikologis korban buat memperoleh akses data tertentu yang sepatutnya terbatas.

Salah satu yang jadi incaran pelakon merupakan data buat membobol rekening korban. Selama 2023, aksi penipuan di coba dengan mengirim file apk dalam tampilan gambar paket, tagihan, pengumuman bank, sampai undangan perkawinan.

Terkini, pelakon menggunakan momentum pemilu serta mengirim file apk dengan modus pemberitahuan tempat pemungutan suara( TPS).

Direktur Jenderal Aplikasi serta Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan berkata pada dasarnya buat menghindari jadi korban merupakan tidak memedulikan kiriman file apk.

” Jangan di download apk. APK itu kan kaya program. Waktu kalian buka itu kan tentu ia unduh softwarenya,” kata ia di sela kegiatan Peluncuran Literasi Digital Publik 2022, mengutip CNN Indonesia, Pekan( 21/ 1/ 2024).

Alasannya file itu jadi jembatan masuk untuk malware ataupun program jahat yang dapat membuat pelakon mengakses Hp korban serta memperoleh seluruh data yang di perlukan buat sa menghabiskan rekening ataupun dompet digital.

Buat lebih lengkapnya, berikut sebagian riwayat penipuan online sampai dini 2024:

Modus Kurir

Penipuan ini jadi yang perdana yang viral dengan modus apk, di akhir 2022.

Permasalahan ini terungkap dari unggahan di Instagram dari akun@evan_neri. tftt yang menampilkan tangkapan layar chat Telegram dengan penipu yang mengaku selaku kurir dari J&T Express.

Dalam chat tersebut, penipu mengirimkan lampiran dengan nama file Amati Gambar Paket kepada korban, namun dalam wujud apk.

Korban yang tidak teliti mengklik file tersebut serta mengunduhnya. Saldo mobile bankingnya juga ludes. Dia menarangkan korban tidak sempat melaksanakan ataupun membuka aplikasi apa juga ataupun mengisi user ID ataupun password di web lain.

Akun ini menyebut aplikasi yang di kirimkan penipu ini mungkin berjalan di latar balik serta mengambil informasi korban, sehingga membuat penipu bisa mengakses akun perbankan korban.

Di akun Instagramnya, pihak J&T Express sebagai penyedia jasa kurir yang namanya di catut dalam permasalahan penipuan ini berkata grupnya tidak sempat memohon pelanggan buat mengunduh aplikasi lewat chat.

Modus undangan nikah

Akun Twitter@txtfrombrand pernah memberikan tangkapan layar yang isinya obrolan antara penipu serta calon korban.

Dalam postingannya, penipu mengirimkan file apk ataupun aplikasi dengan judul Pesan Undangan Perkawinan Digital dengan dimensi 6, 6 MB. Di susul dengan pesan yang isinya” Kami harap kehadirannya,”.

” Sehabis fakta resi, saat ini penipuan gunakan kedok undangan nikah,” kicau akun@txtfrombrand.

Tidak tanggung- tanggung, penipu pula mengajak calon korbannya buat membuka file apk yang di kirimkan itu, dengan dalih supaya korban mengecek apakah isi file tersebut benar di peruntukan kepada korban.

Modus pesan tilang

Penipuan online modus kiriman file apk kembali berubah wajah melalui pengiriman pesan tilang di WhatsApp, Maret 2023.

Sebagian warganet mengunggah chat dari kontak yang mengaku selaku kepolisian yang melaporkan penerima pesan telah melanggar kemudian lintas.

Pengirim pula memohon buat membuka informasi bertajuk Pesan Tilang- 1. 0. apk yang ikut di unggah dalam pesan WhatsApp itu.

” AWAS! Hati- hati terhadap penipuan memakai modus kirim pesan tilang melalui WhatsApp semacam ini. Jangan sekali- kali mengklik/ unduh file dgn ekstensi”. apk” dari orang tidak di ketahui di gadget kamu,” kicau akun@MurtadhaOne1.

Penipuan Whatsapp Makin Banyak, Ini Modus Terbaru 2024

Catut MyTelkomsel

Penjahat siber bergeser modus dengan mengatasanamakan MyTelkomsel, aplikasi kepunyaan operator seluler Telkomsel, buat membuat pelanggan mengklik file apk.

Modusnya calon korban di mohon mengakses serta setelah itu mengunduh file apk yang di kirimkan via pesan pendek.

Sehabis proses instalasi berakhir, calon korban hendak dimohon membagikan izin akses ke sebagian aplikasi tercantum gambar, video, SMS, serta akses akun layanan perbankan digital ataupun fintech.

Bila akses telah di berikan ke pelakon, hingga sangat bisa jadi untuk pelakon kejahatan mempunyai kontrol terhadap gawai korban dan mengenali segala data rahasia semacam PIN, password, serta kode OTP.

” Jangan lekas yakin bila terdapat penawaran hadiah secara langsung, dan tidak membagikan data informasi individu ataupun informasi layanan jasa keuangan semacam perbankan yang bertabiat rahasia,” ucap Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel dalam suatu penjelasan pada Jumat( 24/ 3).

Telkomsel membenarkan tidak sempat memohon kode verifikasi dalam wujud apa juga, tercantum mengirimkan permintaan kepada pelanggan buat mengunduh file apk.

Pengumuman bank

Modus penipuan lain merupakan pengumuman bank. Korban mengirim pdf yang mengatasnamakan bank tertentu. Seringnya data yang timbul merupakan menimpa pergantian tarif transaksi serta transfer yang tidak masuk ide.

Psikologis korban di mainkan dengan di berikan 2 opsi, ialah sepakat ataupun tidak sepakat. Apabila korban tidak sepakat, pelakon memohon korban mengisi formulir di dalam tautan ataupun link yang di sertakan dalam pengumuman palsu tersebut.

Di kala korban mengakses link tersebut, hingga pencurian informasi hendak berjalan.

Modus VCS

Modus video call sex( VCS) dari no tidak di ketahui pernah viral di media sosial serta berpotensi jadi bahan pemerasan.

Salah satu yang mengalaminya merupakan akun Twitter@a. dewiangriani. Dia berulangkali menemukan video call dari no yang tidak di ketahui, Selasa( 12/ 12/ 2023).

Sehabis 3 kali mengabaikan panggilan tersebut, owner akun penasaran serta mengangkut panggilan yang keempat. Nyatanya, yang timbul merupakan wanita tanpa busana.

Ahli keamanan siber Alfons Tanujaya berkata VCS dari no tidak diketahui ini ialah modus pengancaman kepada seorang menggunakan ketidaktahuan seorang tentang teknologi.

” Ini pada prinsipnya merupakan pemerasan yang menggunakan ketidaktahuan ataupun keawaman seorang tentang teknologi,” kata ia.

” Jika ragu serta diperas, mendatangi sahabat yang paham serta memohon bantuannya buat mengalami ancaman- ancaman yang tidak kita paham, jangan main menjajaki ancaman saja,” paparnya.

Hoaks PPS

Modus apk terkini merupakan menyamarkannya dalam file bernama” PPS PEMILU 2024″. Bagi Kominfo, file itu sesungguhnya merupakan modus penipuan.

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo lewat akun X/ Twitter resminya@sukoharjo_kab membagikan klarifikasi kalau file apk PPS PEMILU 2024 tersebut mirip dengan modus penipuan apk undangan perkawinan.

Kala diklik serta di- install, apk tersebut hendak memohon akses SMS. Dari mari, pelakon memperoleh One Time Password( OTP) sampai username serta password mobile banking korban.

Buat menjauhi resiko semacam ini, Kominfo menganjurkan warga buat mendownload aplikasi cuma dari toko aplikasi formal, semacam Google Play Store ataupun App Store.

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours