Paspor Timor Leste Lebih Kuat Daripada Paspor RI

Estimated read time 2 min read

Paspor Timor Leste Lebih Kuat Daripada Paspor RI – Paspor ialah dokumen formal yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari sesuatu negeri yang muat bukti diri pemegangnya juga berlaku buat melaksanakan ekspedisi antar negeri. Pemegang paspor Indonesia dapat leluasa merambah 78 negeri lain tanpa visa.

Sebab itu, Henley Passport Indeks menempatkan Indonesia di peringkat ke- 66 dalam catatan paspor terkuat di dunia. Ranking Indonesia ini tercantum kurang baik bila dibanding dengan negeri orang sebelah yang lain di Asia Tenggara.

Bandingkan saja dengan Timor Leste. Negeri yang tadinya ialah bagian dari Indonesia itu bertengger di posisi ke- 56 alias 10 peringkat lebih unggul daripada paspor hijau RI. Berbeda dengan Indonesia, para pemegang paspor Timor Leste dapat mendatangi 96 destinasi tanpa memakai visa.

Paspor Timor Leste Lebih Kuat Daripada Paspor RI

Perihal ini pasti saja suatu ironi. Karena, kekuatan paspor ialah salah satu gambaran kekuatan diplomasi suatu negeri. Terlebih bila mengingat Timor Leste, yang baru merdeka pada 20 Mei 2002, tetapi paspornya telah mengungguli Indonesia.

Indonesia pula kalah telak dari Malaysia. Negara Jiran itu terdapat di posisi ke- 12 dalam catatan paspor terkuat di dunia, sangat jauh terletak di atas Indonesia. Penduduk Malaysia dapat masuk ke 182 negeri, tercantum banyak negeri di Eropa, tanpa butuh visa.

Selanjutnya Negeri orang sebelah lain, Singapore, apalagi menduduki posisi awal selaku paspor terkuat di dunia. Ranking paspor Singapore setara dengan Prancis, Jerman, Italia, Jepang, serta Spanyol. Capaian tersebut diraih oleh Singapore sebab para pemegang paspornya dapat mendatangi 194 destinasi tanpa memakai visa.

10 besar paspor terkuat di dunia pada 2024 bagi Henley& Partners:

1. Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Singapore, Spanyol

2. Korea Selatan, Finlandia, Swedia

3. Austria, Denmark, Irlandia, Belanda

4. Belgia, Luxemburg, Norwegia, Portugal, Britania Raya

5. Yunani, Malta, Swiss

6. Australia, Polandia, New Zealand, Ceko

7. Kanada, Hungaria, Amerika Serikat

8. Estonia, Lithuania

9. Latvia, Slovakia, Slovenia

10. Islandia

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours