Hacker Bobol Data Penumpang KAI, Peringatan Ahli Siber

Estimated read time 2 min read

Hacker Bobol Data Penumpang KAI, Peringatan Ahli Siber – Suatu kelompok hacker mengklaim sukses mengakses informasi sensitif kepunyaan PT Kereta Api Indonesia( Persero). Berita tersebut di beberkan oleh suatu akun media sosial X@TodayCyberNews.

” Sekelompok peretas mengklaim sudah mengakses informasi sensitif, tercantum data karyawan, perinci pelanggan. Serta banyak lagi dari industri kereta api nasional Indonesia,” cuit akun tersebut di lansir Selasa( 16/ 1/ 2024).

Menimpa isu ini, pengamat keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya berkata. Bila hacker berani mengklaim mungkin besar informasi telah terdapat di tangan mereka.

” Cuma saja kita butuh ketahui sepanjang mana informasi tersebut dapat di pahami serta value informasinya. ” kata Alfons lewat pesan pendek kepada CNBC Indonesia.

Salah satu yang jadi atensi spesialnya menimpa informasi face recognition ataupun sistem pengenalan wajah dari KAI serta institusi yang lain di Indonesia.

Bagi Alfons, pihak manapun yang memakai sistem ini jangan cuma mengumpulkan informasi warga saja, namun pula wajib ketahui gimana mengamankannya.

Jika di taruh dengan baik harusnya informasi face recognition, sekalipun dapat di curi namun senantiasa nyaman sebab terenkripsi.

” Asalkan menjajaki standar penyimpanan yang baik semacam ISO 19794- 5 yang membagikan standar penyimpanan informasi biometrik dengan,” ucapnya.

Hacker Bobol Data Penumpang KAI, Peringatan Ahli Siber

Asumsi KAI

PT KAI telah buka suara terpaut isu kebobolan informasi ini. VP Public Relations KAI Joni Martinus menegaskan kalau hingga dengan di kala ini. Belum terdapat fakta kalau terdapat informasi KAI yang bocor semacam yang di narasikan.

” Kami hendak senantiasa melaksanakan investigasi secara mendalam buat menelusuri isu tersebut,” kata Joni dalam penjelasan pers.

Dia pula yakinkan kalau segala informasi KAI nyaman, dab sampai di kala ini segala sistem operasional IT, pembelian tiket online KAI, dan layanan Face Recognition Boarding Gate di seluruh stasiun masih berjalan dengan baik.

Dia melaporkan kalau warga tidak butuh takut dengan keamanan informasi pada fitur Face Recognition Boarding Gate yang di pergunakan oleh KAI. Karena KAI sudah mempunyai manajemen keamanan data yang baik.

KAI telah mengimplementasikan Sistem Manajemen Keamanan Data berstandar internasional ISO 27001 tentang Standarisasi Manajemen Keamanan Data.

Buat langkah lebih lanjut, KAI hendak bekerja sama dengan pihak berwajib mengusut permasalahan tersebut. KAI berkomitmen tidak hendak tunduk hendak kejahatan pemerasan ini.

” KAI secara berkala terus tingkatkan keamanan siber demi kenyamanan para pelanggan buat senantiasa memakai jasa transportasi massal kereta api yang aman, nyaman serta pas waktu.” pungkasnya.

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours