Rumput Laut Gantikan BBM Usul Prabowo

Estimated read time 2 min read

Rumput Laut Gantikan BBM Usul Prabowo – Calon presiden no urut 02, Prabowo Subianto mengklaim rumput laut dapat gantikan BBM. Ia mengatakan perihal tersebut dalam suatu kegiatan di kala menanggapi persoalan menimpa pengembangan komoditas.

Ia menanggapi bila rumput laut dapat mengambil alih apapun. Tercantum buat jadi bahan bakar.

” Rumput laut itu dapat kita gunakan selaku gantinya pupuk, rumput laut dapat kita peruntukan BBM. Luar biasa rumput laut,” jelas Prabowo.

Nyatanya perihal itu dapat di coba. Ini di beberkan oleh Scientific Director of the Engineering and Technology, Institute Groningen, Belanda, Hero Jan Heeres.

Mengutip halaman formal ITB, ia menarangkan biomassa spesialnya rumput laut merah bisa jadi pemecahan buat membebaskan diri dari ketergantungan dengan bahan bakar fosil tercantum BBM. Rumput laut merah sendiri mempunyai bermacam keuntungan.

Baca Juga :

Kebijakan Energi Prabowo – Gibran, RI Bisa Jadi Raja

Rumput Laut Gantikan BBM Usul Prabowo

Misalnya dapat berkembang di bermacam area, semacam air tawar, air asin, serta air limbah perkotaan. Tumbuhnya pula relatif kilat serta dapat di panen dalam waktu 6 pekan.

Isi karbohidrat rumput laut menggapai 84% serta tidak memiliki lignin yang buatnya gampang dijabarkan. Tidak hanya itu pula mempunyai senyawa yang berarti buat industri pangan dan farmasi.

” Rumput laut merah memiliki senyawa carrageenan serta agarose,” kata Heeres di lansir Selasa( 16/ 1/ 2024).

Carrageenan di gunakan buat beberapa produk santapan serta minuman. Sedangkan agarose buat membentuk gel dalam metode pembelahan biomolekul semacam elektroforesis.

Rumput laut merah ini yang dapat di ganti jadi bahan kimia berbasis bio. Ialah dengan pendekatan kinetik galaktosa( GAL) serta 3, 6- anhidro- D- galaktosa( D- AHG).

Organisme itu dapat di olah jadi senyawa kimia esensial semacam 5- Hidroksimetilfurfural( HMF) serta asam levulinat( LA). Tidak hanya buat bahan bakar, keduanya dapat jadi bahan baku buat plastik ataupun pelarut.

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours