Undangan PPS Pemilu 2024 Di WhatsApp Bisa Kuras Rekening

Estimated read time 3 min read

Undangan PPS Pemilu 2024 Di WhatsApp Bisa Kuras Rekening – Waspada modus baru yang di coba penipu yang menggunakan momen Pemilu 2024 buat menipu korbannnya.

Kali ini penipuan berkedok file APK( Application Package File) berbentuk undangan PPS Pemilu 2024. Undangan tersebut di kirim lewat WhatsApp( WA).

Modus penipuan ini di beberkan oleh unggahan Instagram Otoritas Jasa Keuangan( OJK).

” Sobat OJK, modus penipuan tiada habisnya. Kali ini gempar tersebar modus penipuan baru berkedok kiriman file mirip file APK undangan. ” tulis OJK dalam penjelasan unggahannya di Instagram@ojkindonesia.

Pelakon mengirimkan file APK palsu yang berisi aplikasi beresiko yang bila di unduh setelah itu di install dapat mengambil informasi individu serta menghabiskan rekening korban.

OJK menegaskan kepada masyrakat buat berjaga- jaga serta tidak membuka file apapun yang di kirim oleh no yang tidak kita tahu.

” Ingat! Jangan sempat membuka file ataupun link yang di kirimkan dari orang tidak di ketahui. Jaga informasi pribadimu, proteksi keuanganmu,” begitu bunyi peringatan yang di berikan OJK.

Undangan PPS Pemilu 2024 Di WhatsApp Bisa Kuras Rekening

Pemecahan telanjur unduh file APK

Penipu memakai file APK yang di samarkan selaku undangan perkawinan, pesan tilang elektronik, sampai fakta pengiriman paket.

File dengan ekstensi APK merupakan file berisi aplikasi buat HP Android. Umumnya, file APK di gunakan buat menginstal aplikasi yang tidak ada di toko aplikasi formal Android ialah Google Play Store. Oleh sebab itu, keamanan aplikasi patutu di pertanyakan.

Penipu pengirim file APK berharap supaya sasarannya langsung membuka file yang mereka samarkan, setelah itu dengan refleks menyetujui permintaan instal aplikasi.

Aplikasi yang tertanam dalam aksi penipuan merupakan aplikasi beresiko yang dapat di gunakan buat mengintip sampai mengambil alih HP korban.

Kemudian gimana bila kita telah telanjur menginstal file ekstensi APK yang tidak di ketahui?

Ahli keamanan siber Alfons Tanujaya menganjurkan, bila belum sangat lama ataupun kurang dari satu menit Kamu mengunduh file tersebut, yang terbaik yang di coba merupakan aktifkan Airplane Fashion ataupun Fashion Pesawat.

Metode ini di coba biar SMS tidak masuk serta tidak dapat di curi. Sehabis itu, cek serta cari aplikasi apa yang baru saja di instal serta lekas uninstall.

Kemudian cek aplikasi apa saja yang mempunyai hak buat membaca serta memforward SMS, setelah itu nonaktifkan aplikasi tersebut.

” Jika ingin paranoid, ubah password serta PIN transaksi mbanking. Dan yakinkan telah mengaktifkan two step verification dari WhatsApp biar jika WhatsApp di curi terlindungi senantiasa nyaman sebab di lindungi 6 PIN two step verification,” jelas Alfons di lansir dari unggahan Instagram, Jumat( 29/ 9/ 2023).

Namun jika Kamu baru sadar menginstall APK serta SMS sukses di curi dengan aplikasi palsu tersebut yang memalsukan diri, harapan terakhir terdapat di bank.

Bagi Alfons, sepatutnya bank yang baik hendak membagikan pengamanan terhadap akun nasabahnya sekalipun SMS OTP sukses di curi.

Akun mbanking serta dompet digital Kamu senantiasa nyaman sebab tiap kali mengakses mbanking dari ponsel baru ataupun no baru, bank yang baik hendak melaksanakan verifikasi ulang mulai dari verifikasi bukti diri, wajah serta sebagainya.

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours