Raja Software Jerman Suap Pejabat RI

Estimated read time 3 min read

Raja Software Jerman Suap Pejabat RI – Pejabat pemerintah Indonesia terseret dalam permasalahan korupsi internasional yang di coba raksasa aplikasi SAP asal Jerman. Perihal ini di beberkan Kementerian Kehakiman AS( DOJ) dalam halaman resminya.

SAP teruji sudah melanggar Undang- Undang Aplikasi Korupsi Asing( FCPA). Regulator AS menciptakan SAP secara ilegal melaksanakan skema penyuapan ke pejabat pemerintah di Afrika Selatan serta Indonesia.

Perihal itu di coba buat memuluskan kepentingan bisnis SAP di Afrika Selatan serta Indonesia. Ada pula penyuapan yang di coba berupa duit tunai, sumbangan politik, transfer elektronik, dan bermacam- macam benda elegan.

Atas permasalahan tersebut, SAP di mohon membayar denda senilai US$ 220 juta ataupun setara Rp 3, 4 triliun. SAP sudah menandatangani perjanjian penuntutan yang di tangguhkan( DPA) sepanjang 3 tahun.

Bersumber pada DPA, SAP hendak membayar denda pidana sebesar$ 118. 8 juta( Rp 1, 8 triliun) serta penyitaan administratif sebesar$ 103. 396. 765( Rp 1, 6 triliun), di lansir dari halaman formal DOJ, Senin( 15/ 1/ 2024).

SAP pula hendak terus bekerja sama dengan DOH dalam tiap proses investigasi yang lagi berlangsung ataupun di masa depan sepanjang jangka waktu DPA.

AS Sebut KKP serta Bakti Kominfo

DOJ berkata SAP lewat sebagian kaki- tangannya sudah ikut serta dalam skema penyuapan sebagian pejabat di Indonesia dalam periode 2015 serta 2018.

Penyuapan di coba buat memenangkan sebagian kontrak antara SAP dengan lembaga serta instrumen pemerintahan. Antara lain yang di ucap dalam laporan DOJ merupakan Departemen Kelautan serta Perikanan( KKP), dan Balai Penyedia serta Pengelola Pembiayaan Telekomnikasi serta Informatika( BP3TI yang saat ini bernama BAKTI Kominfo).

Inspektur Pos yang bertanggung jawab atas Investigasi Kriminal, Eric Shen, berkata grupnya bersama dengan FBI serta DOJ hendak terus menjajaki jejak suap serta korupsi internasional SAP yang tersebar luas sampai ke Afrika Selatan serta Indonesia.

Raja Software Jerman Suap Pejabat RI

BAKTI Kominfo berkata pada 2018 kemudian lembaga tersebut membetulkan tata kelolanya serta modernisasi proses bisnis. Perihal itu di coba pasca BP3TI di tukar jadi BAKTI Kominfo lewat Peraturan Menteri Kominfo No 3 Tahun 2018 tentang Organisasi serta Tata Kerja BAKTI.

” BLU BAKTI memakai SAP dengan nilai kontrak buat komponen fitur lunak serta license SAP sebesar Rp. 12. 6 Milyar. Kontrak tersebut di coba lewat sesuatu proses perencanaan serta pengadaan yang transparan serta akuntabel cocok syarat perundangan- undangan serta peraturan yang berlaku,” kata BAKTI Kominfo lewat penjelasan resminya.

Terpaut laporan suap dari SAP, BAKTI Kominfo berkata hendak melaksanakan pengecekan internal.

” Tidak hanya melaksanakan pengecekan internal terpaut permasalahan tersebut, BAKTI berkomitmen menjunjung besar penegakan hukum serta hendak berkolaborasi dengan otoritas terpaut buat menunjang pengelolaan APBN yang inklusif serta berkepanjangan mengarah Indonesia yang maju, makmur, sejahtera, serta bersih dari korupsi,” kata lembaga tersebut.

Memahami SAP

SAP ialah industri asal Jerman yang berbasis di Walldorf, Baden- Wurttemberg. Industri ini di dirikan semenjak 1972 serta saat ini sudah mempunyai kantor regional di 180 negeri dengan lebih dari 425. 000 klien.

Pada Desember 2023, SAP ialah industri Jerman terbanyak bersumber pada kapitalisasi pasar, bagi laporan FAZ NET.

SAP meningkatkan sistem aplikasi yang fokus pada bisnis( enterprise aplikasi). Lebih khusus, SAP ialah salah satu vendor utama buat pengadaan sistem pengelolahan serta perencanaan sumber energi industri( enterprise resource planning/ ERP).

Tidak hanya sediakan aplikasi ERP, SAP pula menjual aplikasi serta teknologi database, sistem berbasis cloud, dan aplikasi lain turunan ERP buat manajemen pasokan, manajemen keuangan, manajemen platform bisnis, manajemen SDM, manajemen customer relations, dll.

SAP melantai di Bursa Saham Frankfurt serta Stuttgart mulai 4 November 1988. Kemudian pada 1995, SAP masuk ke dalam indeks pasar saham DAX. Berikutnya pada 2003, SAP di masukkan ke dalam STOXX Europe 50.

SAP sudah sebagian kali melaksanakan penggantian nama. Mulanya di kala berdiri pada 1972 di namai SAP GbR, kemudian pada 1981 jadi SAP GmbH.

Sehabis restrukturisasi lebih lanjut, namanya jadi SAP AG pada 2005 serta terakhir pada 2014 hingga saat ini jadi SAP SE. Semenjak 2012, SAP SE fokus menggarap sistem berbasis cloud.

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours