Restoran Ini Ternyata Asli Indonesia, Di Kira Dari Jepang

Estimated read time 2 min read

Restoran Ini Ternyata Asli Indonesia, Di Kira Dari Jepang – Mempunyai nama bercorak Jepang serta menjual santapan khas Jepang, membuat seluruh orang tentu mengira Hoka Hoka Bento( HokBen) merupakan restoran asal Negara Matahari Terbit. Kenyataannya, itu seluruh salah. HokBen tidaklah restoran asal Jepang, namun asli Indonesia.

Cerita pendirian HokBen tidak terlepas dari wujud Hendra Arifin. Pada awal mulanya, Hendra merupakan pegawai biasa di salah satu industri otomotif ternama di Indonesia. Ia sama sekali asing dengan bisnis kuliner.

Tetapi, sepanjang jadi pegawai di industri otomotif itu, yang di tahun 1980- an jadi industri rekanan Jepang, ia memandang besarnya kesempatan berbisnis restoran Jepang. Di Indonesia kala itu memanglah belum banyak restoran Jepang. Sekalipun terdapat restoran Jepang, namun biayanya sangat mahal serta tidak terjangkau warga luas. Walhasil, Hendra juga melaksanakan langkah besar di hidupnya.

Baca Juga :

Disney Kehilangan Hak Cipta Mickey Mouse, Ini Penjelasannya

” Memandang terdapatnya kesempatan bisnis di tengah minimnya restoran Jepang di Indonesia, ia berangkat ke Jepang buat membeli hak lisensi Hoka Bento, restoran asli Jepang yang menyajikan bento buat di bawa kembali,” tulis James Farrer serta David Wank dalam The Global Japanese Restaurant( 2023).

Restoran Ini Ternyata Asli Indonesia, Di Kira Dari Jepang

Sehabis melaksanakan pembelian lisensi, Hendra setelah itu resign serta mendirikan restoran Hoka Hoka Bento pada 18 April 1985. Mengutip web formal, cabang awal HokBen di kenal terletak di Kebon Kacang serta terletak di dasar bendera PT. Eka Bogainti.

Setelahnya, Hendra meningkatkan perusahaannya secara independen dari induk industri Jepang, yang bagi James serta David, memanglah telah bangkrut pada 2008. Maksudnya, kelahiran HokBen di Indonesia murni berasal dari Tanah Air.

Bersamaan berjalannya waktu, operasional HokBen di Indonesia berbeda dengan di Jepang. HokBen di Indonesia pula sediakan opsi makan di tempat, bukan cuma dapat di bawa kembali. Berkat metode ini, HokBen dapat tumbuh pesat.

5 tahun setelah itu, HokBen telah memiliki 30- an cabang di banyak posisi di kota- kota besar di Indonesia. Hingga saat ini Hokben masih eksis di Indonesia serta jadi opsi restoran Jepang dengan 352 cabang tersebar di 72 kota Indonesia. Industri pula sudah formal mengganti nama restoran dari” Hoka Hoka Bento” jadi” HokBen” sebab terlanjur jadi singkatan universal warga Indonesia.

 


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours